Minggu, 21 JULI 2024 • 21:15 WIB

Tips Praktis untuk Gen Z agar Tidak Bingung Memesan Makanan di Aplikasi Online

Author

Ilustrasi memesan makanan lewat aplikasi online.

INDOZONE.ID - Saat ini, sudah banyak aplikasi pesan antar makanan yang dipakai oleh Generasi Z alias Gen Z, karena dianggap lebih murah, mudah, praktis, dengan beragam pilihan makanan.

Namun, hal tersebut kadang membuat bingung atau kepanikan tersendiri bagi Gen Z. Ini karena pilihan makanannya banyak, pemesanan yang lebih lama, dan adanya ketakutan jika makanan tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Dilansir dari beberapa situs kesehatan, psikologi, dan bisnis dari Amerika, berikut adalah tips dan trik yang dapat dilakukan untuk mengatasi kebingungan tersebut.

1. Persiapan Awal

a. Riset: Meneliti ulasan dan menu restoran sebelum memesan dapat membantu mengurangi kebingungan.

b. Gunakan Fitur Favorit: Menyimpan daftar menu atau restoran favorit di aplikasi bisa mempercepat proses pemesanan.

2. Manfaatkan Fitur Aplikasi

a. Filter dan Kategori: Memanfaatkan fitur filter dan kategori untuk mempersempit preferensi makanan.

Baca Juga: Survey Menunjukkan Banyak Gen Z yang Mengidap Menu Anxiety Saat Memesan Makanan di Restoran

b. Rekomendasi dan Rating: Dengan menelusuri berbagai rekomendasi dan rating restoran, dapat membuat keputusan yang lebih pasti untuk memutuskan menu dan restoran yang akan dipilih.

3. Mengatur Prioritas

a. Kriteria Utama: Menentukan kriteria utama dalam memilih makanan, dari segi jenis makanan, preferensi diet, maupun dari biaya.

b. Pilih Opsi Sederhana: Memilih opsi yang sudah dipesan sebelumnya dapat mengatasi kebingungan.

4. Bertanya dan Berbagi

a. Rekomendasi Teman atau Keluarga: Bertanya kepada teman atau keluarga yang sudah pernah mencoba menu atau restoran tertentu untuk rekomendasi.

b. Ulasan Online: Melihat ulasan-ulasan pengguna lain yang sudah pernah mencoba, untuk mendapatkan gambaran tentang kualitas dan rasa yang diberikan.

5. Strategi Pengambilan Keputusan

a. Batas Waktu: Menerapkan batas waktu keputusan supaya tidak terlalu lama bingung.

b. Pilihan Pertama: Memilih pilihan yang pertama kali dilihat untuk menghindari kebingungan karena banyaknya pilihan.

6. Memahami Kebutuhan Sendiri

a. Selera Pribadi: Memahami selera pribadi atau ada preferensi diet tertentu juga dapat membantu kamu dalam memilih.

Baca Juga: Pesan Masakan Padang di Aplikasi, Keterangan Menunya Bikin Ngakak: Masak Ndri Napa Y Allah

b. Coba Hal Baru: Mencoba hal baru dimulai dengan porsi yang lebih sedikit atau sesuatu yang mirip seperti makanan favorit.

7. Mengelola Ekspektasi

a. Fleksibilitas: Menerima kenyataan bahwa semua makanan tidak selalu sempurna seperti yang diharapkan.

b. Evaluasi Pengalaman: Mengevaluasi pengalaman setelah memesan, sehingga dapat memutuskan menu atau restoran apa saja yang cocok dan baik untuk diri sendiri.

Dengan menerapkan strategi-strategi ini, kamu para Gen Z dapat merasa lebih percaya diri dan tenang saat memesan makanan, sehingga pengalaman memesan menjadi lebih menyenangkan dan bebas stres.

Banner Z Creators.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Food & Travel