Selasa, 10 JUNI 2025 • 18:00 WIB

Daop 6 Amankan Barang Tertinggal Penumpang dengan Taksiran 43 Juta Selama Libur Panjang Idul Adha 2025

Author

Momen antrian penumpang Daop 6 di Stasiun Yogyakarta (Tugu).

INDOZONE.ID - KAI Daop 6 Yogyakarta berhasil mengamankan barang-barang tertinggal milik pelanggan kereta api senilai total Rp 43.200.000 selama periode libur panjang Hari Raya Idul Adha 1446 H, yang berlangsung sejak Kamis (5/6/2025) hingga Selasa (9/6/2025).

Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih, mengungkapkan bahwa dalam kurun waktu 5 hari tersebut, jumlah barang yang berhasil diamankan sebanyak 24 barang temuan. Barang tersebut langsung dimasukkan ke dalam sistem database Lost and Found KAI.

“Barang-barang yang tertinggal terdiri dari berbagai jenis item berharga seperti Laptop, hp, jam tangan, pakaian, makanan dan barang berharga lainnya. Sebagian besar sudah berhasil kami kembalikan kepada pemiliknya,” ujar Feni, Selasa (10/6/2025).

Sistem Lost and Found milik KAI menjadi wujud nyata kepedulian perusahaan terhadap keamanan dan kenyamanan pelanggan.

Penumpang yang merasa kehilangan barang dapat langsung melaporkannya kepada petugas di stasiun maupun melalui Contact Center KAI 121, agar dapat segera ditindaklanjuti.

BACA JUGA Hari Terakhir Libur Idul Adha 2025, Lebih dari 25 Ribu Penumpang KA Jarak Jauh Berangkat dari Daop 6 Yogya

Lanjut Feni menambahkan, untuk mencegah terjadinya kehilangan barang, petugas announcer secara rutin memberikan imbauan kepada penumpang agar selalu memperhatikan barang bawaannya, baik saat berada di stasiun maupun di atas kereta.

“Kami juga mengingatkan kepada seluruh penumpang, khususnya pada saat peak season seperti libur panjang untuk selalu memastikan barang bawaan dalam keadaan aman sebelum meninggalkan kursi atau saat turun dari kereta," pesannya.

Selain itu, pihaknya kembali mengimbau kepada seluruh penumpang untuk tidak terburu-buru dan memperhatikan waktu dengan baik, terutama saat menjelang keberangkatan kereta.

"Pastikan Anda datang lebih awal ke stasiun, memeriksa barang bawaan dengan cermat, dan tidak meninggalkan barang di tempat yang tidak semestinya,” pintanya.

BACA JUGA Respons Daop 6 Soal Warga Minta Diskresi Khusus dalam Polemik Beautifikasi Stasiun Lempuyangan dan Ganti Rugi Kelayakan Hidup

Meski barang bawaan adalah tanggung jawab pribadi masing-masing pelanggan, namun sebagai bentuk pelayanan prima, KAI tetap berkomitmen untuk membantu mengamankan dan mengembalikan barang-barang yang tertinggal.

“Kami ingin masyarakat semakin yakin memilih kereta api sebagai moda transportasi massal yang tidak hanya efisien dan ramah lingkungan, tapi juga mengedepankan keamanan dan kenyamanan dalam setiap perjalanannya,” pungkasnya.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Keterangan Pers