Dari 3 Juta Tiket Kereta Disediakan KAI di Musim Lebaran 2025: 1,4 Juta Tiket Sudah Laku Terjual
INDOZONE.ID - PT Kereta Api Indonesia (KAI) membeberkan data sementara berkaitan dengan penjualan tiket pada musim mudik hari raya idul fitri pada tahun ini. Dari sekitar 3 juta tiket yang disiapkan, KAI menyebut hingga saat ini sudah ada sebanyak 1,4 juta tiket yang terjual.
"Dari total 3.443.832 tiket KA JJ yang KAI sediakan, hingga 1 Maret Pukul 07.00 WIB sudah terjual 1.437.124 tiket atau 41,73 persen dari total kapasitas tempat duduk yang KAI sediakan. Hingga saat ini penjualan KA JJ tertinggi terjadi pada H-3 atau pada 28 Maret 2025 dengan jumlah penjualan 99.685 tiket," kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Sabtu (1/3/2025).
KAI sendiri diketahui memang menyediakan 3.443.832 tiket KA JJ dari dan berbagai tujuan di Pulau Jawa dan Sumatera. Ribuan tiket ini memang dikhususkan untuk perjalanan mudik priode tanggal 21 Maret sampai dengan 11 April 2025.
Menurutnya, penjualan tiket kereta tersebut akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Dalam kesempatan ini, Anne juga menyebut jika pihaknya memberikan layanan pembelian tiket kereta jarak jauh untuk memudahkan masyarakat dalam membeli tiket kereta.
"Pelanggan dapat melakukan pemesanan tiket KA jarak jauh hingga 45 hari sebelum keberangkatan. Untuk KA lokal, pemesanan tersedia mulai H-30, sementara beberapa layanan lainnya dapat dipesan sejak H-7 sebelum keberangkatan. Oleh karena itu, KAI mengimbau masyarakat untuk segera merencanakan perjalanan dan memesan tiket lebih awal di Access by KAI atau website resmi kai.id agar mendapatkan jadwal yang sesuai dengan kebutuhan,” ungkap Anne.
Selain pelayanan pembelian tiket jarak jauh, KAI juga menyebar ratusan petugas di puluhan stasiun untuk membantu para penumpang yang membutuhkan informasi.
Baca Juga: KAI Jember: Tiket Kereta Api Lebaran Dapat Dipesan Hari Ini, Per Hari 8.536 Kursi Yang Tersedia
"Salah satu langkah peningkatan layanan adalah penempatan Customer Service Mobile (CSM) di mana sebanyak 170 petugas frontliner akan ditugaskan di 39 stasiun yang berada di berbagai Daerah Operasi (Daop) dan Divisi Regional (Divre). Petugas ini siap memberikan informasi dan membantu pelanggan dalam berbagai keperluan selama perjalanan mereka," pungkas Anne.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Liputan