Ilustrasi bermain Twitter. (Unsplash/@purzlbaum)
Sejak Maret, banyak hal di seluruh dunia terlihat berbeda karena pandemi Covid-19.
Semua orang diharuskan untuk berdiam diri di rumah. Alhasil, media sosial dijadikan sebagai pelampiasan kebosanan selama di rumah saja, salah satunya Twitter.
Kini, Twitter mengingatkan tentang apa yang kerap dibicarakan selama sebagian besar tahun 2020.
Dihimpun dari Travel and Leisure, Twitter mencatat "apa yang telah kita dengarkan, tonton, makan, dan lakukan untuk tetap berkomunikasi dan terhibur selama karantina," berdasarkan tweet dari AS antara 1 Maret hingga 1 September 2020.
Bahkan ada sedikit wawasan tentang perjalanan.
Menurut laporan tersebut, penerbangan pesawat memang ditiadakan, tetapi ada peningkatan 93 persen orang yang menggunakan emoji berkemah.
Ada juga peningkatan 24 persen dalam tweet tentang Taman Nasional, dengan Yellowstone menjadi yang paling populer untuk di-tweet.
Itu semua bertambah karena berkemah dan taman nasional merupakan cara yang aman untuk melakukan liburan jarak jauh.
Di sisi lain, emoji pesawat mengalami penurunan penggunaan tweet sebesar 50 persen karena pandemi melumpuhkan perjalanan udara ke seluruh dunia.
Emoji peta dunia juga mengalami penurunan 56 persen, menurut Twitter.
Selama periode di rumah saja, menonton film, acara TV, dan musik, banyak dibahas.
Orang-orang menggunakan Twitter untuk berbagi pemikiran dan teori mereka tentang hiburan.
The Last Dance di Netflix karya Michael Jordan adalah yang paling banyak di-tweet tentang acara TV.
Penghargaan untuk bintang "Black Panther", Chadwick Boseman, yang meninggal bulan lalu, menduduki puncak kategori film, diikuti oleh album video Beyonce yang menakjubkan, "Black Is King".
Dalam musik, orang-orang tidak dapat berhenti men-tweet tentang KPOP, dengan BTS mengumpulkan tweet paling banyak selama karantina.
Soal makanan, nugget ayam pedas baru McDonald's mengumpulkan perhatian paling banyak di twitter sementara roti menempati urutan kedua karena semua orang mendadak menjadi pembuat roti rumahan.
Berbicara tentang hobi, emoji wanita yang melakukan yoga (khusus dalam pose teratai) naik 161%, emoji benang naik 67%, dan emoji joystick naik 88% meski sistem Nintendo Switch terjual habis di seluruh dunia.
Menariknya, penggunaan emoji tisu toilet naik 475% berkat kepanikan tentang tisu toilet yang hebat di tahun 2020.
Tweet paling banyak tentang makanan di AS:
Ayam
Roti
kue
Kue
Keju
Cokelat
Nasi
kacang polong
kentang
salad
Tweet paling banyak tentang film di AS:
"Macan kumbang"
"Black Is King"
“The Avenger: End Game”
"The Batman"
“Hamilton, The Musical”
“Sonic The Hedgehog”
"Mulan" (Aksi Langsung)
“Star Wars: The Rise of Skywalker”
"Raja Pulau Staten"
"Beku 2"
Tweet paling banyak tentang Acara TV di AS:
Tarian terakhir
Kakak Brasil
Raja Harimau
Spongebob Squarepants
Avatar the Last Airbender
Tidak aman
90 Hari Tunangan
Anatomi Grey
Saturday Night Live
Tweet paling banyak tentang musisi di AS:
BTS
Kanye West
Beyoncé
Itik jantan
Megan Thee Stallion
NCT
Kelinci Buruk
ATEEZ
Cardi B
Harry Styles
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: